;

Laman

adsensecamp

Sunday, January 2, 2011

Apalah Arti Sebuah HEADER BLOG ?


Ada yang tau ? Kenapa Header pada blog itu dibilang perlu?

Nah,sebagai contoh kalo kita menggunakan free template yang gratisan kemungkinan ada orang lain juga yang sama menggunakan template tersebut iya ngga bro..?

Lalu kalo semua sama gimana cara orang dengan mudah mengingat blog kita? Cossa Aranda saja pernah memposting "Katakan Dengan Header".

Header pada suatu Blog gak perlu terlalu bagus, yang penting simple, unik, dan berkelas dan yang paling penting Header pada Blog ente sedikitnya sesuai dengan identitas dan konten blog ente pula.

Bagi ente yang tidak mahir dalam urusan desain-mendesain, gak perlu khawatir kita bisa mendowload image header dari situs-situs yang serba gratisan. Kita hanya perlu mengedit dengan menambahkan tulisan title blog kita dan deskripsi blog yang kita buat .

Beberapa teman ane sering menanyakan cara membuat gambar header untuk blog mereka gan....
ini contoh HEADER pada sebuah BLOG :
header blog punya www.blogdunia.co.cc

header blog punya www.metrotvnews.com




ato coba ente buka-buka lagi di mbah google....cari contoh-contoh header lainnya .

di postingan kali ini perkenankan ane membagi cara dan membahas bagaimana cara membuat sebuah gambar header yang ujung-ujungnya nanti jadi gambar yang nongol bin slalu muncul di "kepala" paling atas di blog anda . ( kepala ya letaknya emang paling atas tuh.....wkwkwk )

Untuk membuat sebuah header, tentu kita perlu program yang bisa mengolah/membuat atau meng-edit gambar dalam format bitmap ato je-pe-ge ( JPG ) ato pe-en-ge ( PNG ).

Ada banyak program yang bisa digunakan gan.., pilih aja yang familiar dengan kita dan tentunya kita udah merasa "menguasai" itu programnya.

Ambillah contoh : Adobe Photosop, Corel Photopaint, Macromedia Firework, dan masih banyak lagi.

Tapi yang kita bahas sekarang adalah yang pake Photoshop....( ada juga temen saya suka bilang sotosop ..hehehe )

Sebelum kita mulai membuat gambarnya, ada beberapa hal yang perlu kita siapkan sebelumnya gan, yaitu:

1.) UKURAN HEADER YANG SESUAI

ini harus dilihat sendiri dari template blog yang kita pake.
anggap aja misal header yang akan kita buat, ukuran headernya adalah 780 kali 180 pixel. ( Sama dengan ukuran header yang sekarang ane pake di blog ane ini nih.. )
  • Kalo pake template dari Blogger, ukurannya bisa disesuaikan sendiri (tapi ane pernah coba kasih gambar, gambarnya nggak muncul-muncul sebagai background header, mungkin biar muncul ada "CSS" yang harus diubah (meski ane sesungguhnya katrok bener dah..kalo soal css, apalagi php..).
  • Bisa juga diakali dengan membuat page element baru tentang Image , tapi nggak bisa diletakkan sebagai background header gan kira-kira begitu..
2.) adalah BAHAN GAMBAR ATAU MATERI YANG DIGUNAKAN

nah, kalo mau digunakan sebagai page element, ukur dulu berapa ukuran maksimal dari letak page element tadi.
  • Ingat bahwa gambar di header itulah yg bakalan nongol terus di blog ente dan yang dilihat orang-orang ketika berkunjung ke blog ente.
(perhatian :Siapkan juga makanan kecil dan minuman di samping laptop/kompi ente gan, buat jaga-jaga aja siapa tahu waktu keasyikan mbuat gambar,ente diserang rasa laper ato ausss banget saking keasyikkannya......)


lalu caranya bikin header dengan Photoshop, begini gan :
  1. Buka dulu program photoshop, kemudian buat file baru dengan memilih menu File > New. Pada kotak dialog New, isikan ukuran header yang akan dibuat. Misalnya pada width=780 dengan satuan ukur pixel, terus pada height=180. Jangan lupa pada resolusi harus 72 pixel/inch. Klik OK jika semua ukuran sudah sesuai.
  2. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.
  1. Kemudian buat gambar yang ente inginkan pada file baru itu.
  2. Gambar header bisa dengan memasukkan gambar lain, terserah aja mau kasih tulisan, atau apa aja terserah dengan ide dan kreativitas ente .
  3. Kalo bingung, nggak ada ide? Buka aja website dan blog yang ada di internet, banyak sekali kan, tinggal cari aja ide dari gambar-gambar tersebut. Tapi ingat, JANGAN ngopi paste gambar header orang lain terus dipasang lagi, itu sama kayak mencuri.
  4. Cari Ide, bukan Curi Ide.
  5. Setelah gambar jadi, jika gambar tersebut menggunakan lebih dari satu layer, pilih dulu menu Layer > Flatten Image agar semua layer menjadi satu di layer background.
  6. Kemudian simpan (File > Save) dengan format JPEG/JPG atau GIF. Ini agar ukuran file-nya kecil. Jika pake JPEG/JPG aturlah nilai kompresi yang dilakukan pada kotak dialog JPG option yang muncul setelah kamu klik tombol Save. Seberapa banyak kompresi yang diperlukan, itu tergantung kondisi gambar, misalnya ukuran dan warna yang digunakan. Sesuaikan sendiri antara ukuran file hasil jadi dengan kualitas gambar, karena semakin banyak dikompres maka kualitas gambar akan turun. ( liat caranya seperti gambar ini )
  1. Gambar dalam lingkaran merah, yang sebelah kiri adalah ukuran file yang akan disimpan (dalam kilobyte), dan yang sebelah kanan adalah waktu yang diperlukan saat gambar tersebut diakses dalam ukuran kbps tertentu.
  2. Setelah gambar udah jadi, tinggal diupload aja pakai software-software blog ente.
dibawah ini adalah contoh Header Blog ane dari masa ke masa gan, dari awal ane bikin blog trus di-edit dikit lagi blognya sampe ane merasa nge-pas banget dengan header blog ane

( awal header blog ane :http://www.kita-pembelajar.blogspot.com ) edisi 1

trus beberapa minggu setelahnya mata dan hati ane diliputi perasaan kurang sreg ato gimanaaa gitu....jadi ane edit lagi jadi begini :



gitu gan.....


Namun,beberapa hari setelahnya ....ane malah makin merasa perlu di-edit lagi dikit sebab selain bentuk headernya yg gak ada seninya nurut ane klo diliat lama2 malah cepet bikin bosen....akhirnya ane ubah lagi jadi begini :


WARNING !!!


eh..eh..Maaf ..maaf..bukan itu maksudnya gan...itu gambar orang laen .....
( JANGAN DITIRU..!! ) cantik-cantik masih pelajar pake jilbab tp akhlaknya waduh....ngerokok...man !





ini nih maksud header blognya tadi :


Gimana ? Lebih terliat "manis" ya gan ? nurut ane itu header blog yg ane rasa paling cocok sampe saat ini..yaitu buat identitas dan konten blog ane, sesuai nama blognya juga tuh
http://kita-pembelajar.blogspot.com


Oke, mari kita belajar dikit-dikit sambil merenung...cari-cari inspirasi ato ide..mo bikin blog yg tema dan isi/kontennya seperti apa?...,tapi jgn meleset ato gak pas dengan nama blognya kita :

intinya HEADER BLOG harus sesuai dengan gambar blognya ,
contoh blog bagi ente yang seneng ato pecinta lagu dan musik.. maka headernya cocok yg kaya gini :



ato blog yg kontennya tentang ROMANCE dan kemesraan hingga di usia senja ,maka cocoknya gambar headernya seperti ini gan :
mantep kan ?? heheheh



ato yg seneng ama dunia anak-anak atau bayi...pasnya kasih gambar header blognya kaya ini nih :

kira-kira begitu contoh-contoh header dan cara bikinnya Header Blognya gan,
ato ente punya cara yg lebih mantep lagi bikin headernya
selain donlot ato pake software header org lain ?
silakan share ke sini ya gan...


Nah, bagi agan-agan dan ente-ente yang mo dibikinin header oleh ane
ane bisa nawarin bantuan ( cuma-cuma dulu...), syaratnya mesti sabar dulu,lalu ini syarat selanjutnya :

1.kirim ke email ane dengan keterangan :
- rencana ente mo dibikin Judul Blognya apa ? isi kontennya apa ?
- Foto atao mo pake gambar apa ?
- Warna latarnya apa ?
- pake motif ato grafis yg kaya gimana maunya ente ?
- trus ditulisi yg mo bentuknya seperti gimana tulisan di blognya?

2. Mesti sabar karena proses nunggunya sampai jadi +- 2 minggu
3. interaksi ke email ane, jika header blognya entar dirasa belum pas

Ane berkenan membantu gan...........sukarela..
ayo.....




Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...