;

Laman

adsensecamp

Tuesday, November 9, 2010

Malabar Giant Squirrel, Tupai Berukuran Raksasa Dari India!


Siapapun yg menamai Tupai Raksasa India ini pastilah tidak bercanda. Tupai jenis ini bukanlah tupai biasa, sifatnya penuh rahasia dan pemalu dan dia adalah raksasa di antara jenisnya. Tupai jenis ini hidup di hutan pinus di tempat yg terisolasi yaitu di daerah Madhya Pradesh.
Tupai jenis ini juga dikenal dengan sebutan Tupai Raksasa Malabar. Tupai ini mudah dibedakan dari kerabat-kerabatnya yg lebih kecil, tupai ini juga memiliki warna tubuh yg sangat mencolok dan biasanya terdiri dari 3 warna. Hewan dengan bentuk kepala dan tubuh yg menakjubkan ini mempunyai panjang 16 inchi.

Yg benar-benar menarik dari tupai ini adalah ukuran ekornya. Panjang ekor ini bisa mencapai ukuran 2 kaki. Ekornya juga cukup berat, pada tupai dewasa yg sehat berat ekornya bisa mencapai 4,5 pon. Dengan kulitnya yg mempunyai beberapa warna (coklat, krem, dan warna karat) tupai jenis ini menjadi tupai yg paling berwarna dari 280 spesies tupai lainnya.
Tupai Raksasa Indian ini mempunyai sifat “diurnal”, yaitu bergerak aktif di siang hari dan tidur pada waktu malam. Sifat yg lainnya adalah “arboreal” yg berarti hidup di atas pepohonan. Pohon yg tinggi dengan banyak dahan adalah tempat yg ideal menjadi sarang tupai ini.

Tupai jenis ini hidup secara sendirian atau dengan pasangannya. Sarang mereka sangat besar dan berbentuk bola. Sarang mereka dibuat di atas dahan yg tipis yg letaknya setinggi mungkin dan tentu saja dahan tersebut masih mampu untuk menopang berat mereka. Hal ini dilakukan untuk menghindari predator yg menjadi musuh mereka. Sarang tupai ini hanya terlihat selama musim kemarau saja. Biasanya satu ekor tupai bisa membuat beberapa sarang, satu untuk berkembang biak dan yg lainnya untuk beristirahat dan tidur.
Sumber : http://www.duniakita.info/2010/09/malabar-giant-squirrel-tupai-berukuran.html
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...